Bunga Sepatu – Manfaat, Jenis & Morfologinya

5/5 - (2 votes)

Bunga sepatu memiliki tampilan yang sangat cantik dan menjadi salah satu tanaman populer di Indonesia. Jenis bunga sepatu sangat banyak kita jumpai di daerah pelosok atau pedesaan. Biasanya tanaman ini dijadikan sebagai hiasan pagar.

Kalau dulu bunga sepatu sangat kurang diperhatikan, tetapi saat ini sudah mulai menjadi sorotan banyak orang. Bunga sepatu memang menjadi bunga yang sering dipakai untuk beberapa acara penting seperti hiasan pesta pernikahan dan karangan bunga.

Bunga sepatu

Harga bunga sepatu juga mulai naik dibandingkan zaman dulu yang kurang begitu bernilai bahkan tidak laku. Namun sekarang sudah beda ceritanya karena bunga sepatu masuk dalam kategori bunga terlaris.

Selain untuk hiasan bunga ini memiliki kelebihan tersendiri contohnya seperti bahan produk herbal. Saat ini memang para petani bunga sepatu juga sudah meningkat dengan pesat. Hal ini membuktikan jika bunga ini lumayan dibutuhkan.

Manfaat Bunga Sepatu

Bunga sepatu memang mempunyai manfaat tersendiri terutama untuk kesehatan. Bisa dipakai sebagai alternatif untuk obat alami yang dapat menyembuhkan segala macam jenis penyakit. Daripada kamu menggunakan obat apa salahnya memanfaatkan bunga sepatu, berikut ini ulasannya.

1. Perawatan Kulit Wajah

Bunga / Kembang sepatu ini mengandung minyak dan anti inflamasi yang dapat mengatasi masalah jerawat. Anda bisa menggunakan bunga sepatu secara langsung yang digosokkan pada muka. Dapat menjadi obat untuk mencegah penuaan ini dan menyamarkan garis kerutan.

Bunga sepatu sangat efektif untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Bisa mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan tidak kusam lagi. Pemakaian bunga sepatu secara rutin bisa membuat kulit muka kencang, halus dan bersinar.

Tukang Taman Jakarta

2. Menyembuhkan Luka

Karena bunga sepatu mengandung antiseptik dapat dimanfaatkan juga untuk penyembuhan luka luar. Ketika terdapat luka sehabis jatuh atau penyebab lainnya kita bisa menggunakan bunga sepatu untuk obat saleb. Caranya cukup mudah, anda tinggal menumbuk bunga sepatu hingga halus.

Selanjutnya tinggal menempelkan pada bagian luka secara langsung. Sebelum memakainya silahkan cuci bunga sepatu terlebih dahulu. Pada area luka silahkan bersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan kuman. Lalu tunggu hingga kering supaya tumbukan bunga sepatu bisa menyembuhkan dengan optimal.

3. Mengeluarkan Racun

Kelopak bunga sepatu mempunyai zat antioksidan yang berfungsi sebagai cairan untuk menetralisir racun di dalam tubuh. Bunga berwarna merah ini juga sering dipakai sebagai komposisi dari obat kanker dan kolesterol.

Anda bisa merebus kelopak bunga sepatu lalu meminum air rebusan tersebut. Untuk hasil maksimal silahkan ambil 3 bunga sepatu lalu ambil bagian kelopaknya. Rebus dengan 300 ml air, prosesnya butuh sekitar 10 menit. Minum rebusan bunga sepatu pagi dan sore hari.

4. Mengobati Diabetes

Senyawa kimia yang terdapat pada bunga sepatu juga bisa merecovery sensitivitas insulin dan dapat mengontrol diabetes. Hasil dari penelitian Biochemical and Biophysical Research Communications menunjukkan jika bunga ini efektif dalam membantu proses penyembuhan pasien penderita kencing manis.

Selain itu terdapat juga asam ferulic yang berfungsi untuk mengobati diabetes. Cara mengobati diabetes menggunakan bunga sepatu yaitu meminum air rebusan kelopak bunga. Jangan campurkan dengan bahan lain agar efektif untuk menurunkan kadar gula.

5. Mengobati Bronkitis

Bronkitis merupakan salah satu jenis penyakit yang mengganggu saluran pernafasan. Anda bisa mengobatinya dengan air rebusan bunga sepatu. Cara mengolahnya juga sangat gampang, cukup merebusnya selama 15 menit lalu meminum air rebusan setelah hangat dan jangan tunggu dingin.

Penyakit bronchitis ini sangat terlihat karena penderita akan mengalami sesak nafas. Tanaman adalah rekomendasi untuk mengobati penyakit ini termasuk bunga sepatu. Meminum air rebusan bunga sepatu jangan terlalu pagi, waktu yang paling tepat yaitu jam 8 keatas hingga jam 3 sore.

6. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Bunga sepatu mempunyai kandungan antimikroba dan antijamur. Kedua zat tersebut sangat efektif untuk melawan candica albicans yang bisa mengganggu saluran kemih. Bakteri berbahaya ini memang sangat memungkinkan untuk seseorang terkena gangguan saluran kemih.

Dalam kasus ini yang perlu anda lakukan yaitu meminum teh dari bunga sepatu. Sudah banyak yang menjual teh bunga sepatu dan harganya juga tidak terlalu mahal. Anda juga bisa membuatnya sendiri, silahkan cari tutorial cara membuat teh dari bunga sepatu.

7. Bagus Untuk Perawatan Rambut

Bunga sepatu dari dulu sering dipakai sebagai shampoo, ternyata memang bagus sekali untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan kalsium dan vitamin C bisa mengatasi masalah rambut rontok. Minyak yang terdapat pada kembang sepatu juga membuat akar rambut menjadi kuat.

Baca Juga : Bunga Melati – Jenis, Manfaat, & Cara Menanamnya

Jenis Bunga Sepatu

Bunga sepatu terdiri dari beberapa jenis, berdasarkan warnanya terdapat bunga sepatu merah dan putih. Selain itu masih banyak lagi jenis bunga bunga sepatu yang lainnya, simak berikut ini ulasannya.

1. Hibiscus Rosa-Sinensis Plenus

bunga sepatu hibicus rossa

Jenis bunga sepatu yang pertama yaitu Hibiscus Rosa Sinensis Plenus. Ciri warnanya biasanya pink namun banyak juga merah seperti bunga mawar dengan diameter ukuran 10-15 cm. Bunga ini bisa tumbuh dengan maksimal jika mendapatkan penerangan sinar matahari secara penuh.

2. Hibiscus Rosa- Sinensis cv.Natal

Bunga sepatu yang kedua yakni Hibiscus Rosa- Sinensis cv.Natal. Tampilan dari jenis bunga sepatu yang satu ini sangat menarik karena warna kombinasi antara merah dan putih. Di Bagian kelopak bunga didominasi warna putih dan dibagian tengahnya warna merah.

3. Hibiscus Schizopetalus

Sedangkan jenis bunga sepatu berikutnya bernama Hibiscus Schizopetalus. Salah satu jenis bunga sepatu yang banyak tumbuh di Indonesia. Bentuknya mirip lentera dengan tangkai yang lumayan panjang, cocok untuk menghiasi pagar rumah.

4. Hibiscus Rosa-Sinensis Albus (Putih)

bunga sepatu hibicus rossa

Jenis bunga sepatu yang satu ini memang menarik perhatian karena warnanya putih. Ukurannya masuk dalam kategori sedang dengan mahkota tunggal. Biasanya hidup pada iklim tropis dan cocok untuk dataran rendah maupun dataran tinggi.

Baca Juga : 11 Tanaman Hias Terbaik

Morfologi Bunga Sepatu

Bunga sepatu memiliki ciri yang sangat mudah dikenali, bentuk daunnya bulan dengan ujung runcing. Bunganya berwarna merah atau putih tergantung jenisnya. Terdapat 5 daun kelopak dan mahkota bunga ada yang tunggal ada juga yang lebih dari satu.

Pada bagian ujung tangkai putik ada kepala sari yang dipenuhi dengan serbuk sari. Secara keseluruhan bunga sepatu memiliki kelopak, mahkota, kepala putik, putik dan benang sari. Lebar dari kelopak bunga sepatu berkisar antara 4 cm sampai 18 cm.

Benang sari pada bunga sepatu terdiri dari filamen yang bentuknya mirip batang, setiap filamen ini dapat menghasilkan serbuk sari. Struktur bunga sepatu terdiri dari kepala putik, benang sari, mahkota bunga, kelopak bunga, indung telur, bakal biji dan tangkai bunga.

Bunga sepatu memiliki dua bagian yaitu steril dan fertile. Steril juga terbagi menjadi beberapa bagian seperti pedunculus, pedicellus, receptacle, batang, brachtea dan brachteola. Sementara itu fertile terdiri dari mikrosporofil yang mencakup stamen, anthera, polen, carpell dan ovalum.

You cannot copy content of this page