12 Cara Merawat Taman Agar Tetap Indah

5/5 - (3 votes)

Hadirnya taman di setiap rumah tentunya akan membuat halaman sekitar tampak terlihat asri dan hidup. Apalagi tempat tersebut merupakan salah satu faktor yang penting untuk menciptakan keindahan serta menjaga keseimbangan sebuah hunian.

Taman yang terawat akan membuat penghuni rumah lebih nyaman dikarenakan banyaknya asupan oksigen yang tersedia di sekitar hunian. Untuk membuat taman tampak asri ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut cara merawat taman agar tetap indah.

Tips Merawat Taman Agar Terlihat Indah

1# Menjaga Kebersihan Taman

Cara pertama agar taman yang anda miliki tetap tampak indah dan asri serta enak untuk dipandang yang harus dilakukan ialah dengan menjaga kebersihan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menyapu serta membersihkan sampah.

Tidak hanya sampah saja melainkan serasah dedaunan dan ranting yang jatuh serta genangan air harus terbebas dari wilayah taman. Karena taman yang tidak dijaga kebersihannya akan membuat halaman tersebut terlihat kurang menarik dan terkesan jorok.

Selain itu halaman rumah yang kotor akan menjadi sumber dari segala jenis penyakit. Maka dari itu penting bagi anda untuk senantiasa menjaga kebersihan taman pagar halaman tersebut tetap terlihat asri dan indah.

2# Memangkas Rumput Secara Rutin

Cara merawat taman selanjutnya yang bisa dilakukan agar pekarangan terlihat indah dan cantik ialah dengan melakukan pemangkasan rumput secara rutin.

Rumput taman akan terlihat indah jika dirawat dengan baik. Namun apabila salah dalam perawatan seperti dibiarkan tanpa dipotong, akan membuat taman tampak seperti tertinggal atau bahkan menyerupai sawah.

Pemandangan seperti itu tentunya tidak menarik untuk dipandang apalagi jika rumput tersebut menutupi bunga cantik yang anda tanam di halaman rumah. Oleh sebab itu penting bagi pemilik taman untuk memperhatikan pertumbuhan rumput taman.

3# Memangkas Tanaman Liar

Selain melakukan pemangkasan rumput secara rutin anda juga perlu melakukan pemangkasan berbagai jenis tanaman liar secara berkala. Karena biasanya pada taman terdapat tanaman pengganggu yang ikut tumbuh seperti gulma.

Gulma yang dibiarkan hidup berdampingan dengan tumbuhan taman akan membuat pertumbuhan tanaman tersebut terganggu. Hal tersebut dikarenakan adanya persaingan dalam merebutkan nutrisi sehingga tanaman yang berdampingan dengan gulma akan layu dan berakhir kematian.

Tukang Taman Malang

4# Merawat Pohon

Diantara cara merawat taman yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan merawat pohon yang tumbuh di sekitar taman. Perawatan pohon ini menjadi hal yang penting dilakukan bagi anda yang pekarangannya memiliki pepohonan dengan ukuran sedang hingga besar.

Meskipun peranan pohon sangat penting untuk menyediakan area berteduh namun pepohonan dengan ukuran terlalu besar biasanya dapat mengganggu nilai keindahan dari taman. Selain itu adanya pohon tersebut juga akan sangat membahayakan penghuni rumah disaat kondisi sedang hujan besar.

Oleh karenanya untuk menghindari hal tersebut perawatan pohon dengan memotong ranting yang sudah tumbuh terlalu panjang harus dilakukan. Selain ranting anda juga harus membuang dedaunan kering yang berguguran di tanah.

5# Menjaga Kebersihan Kolam

Jika anda memiliki kolam ikan di sekitar pekarangan rumah maka kebersihan dari bagian satu tersebut juga patut diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan kolam yang tidak bersih dan terawat bisa menjadi sarang nyamuk dan tempat berkembangnya lumut.

Selain itu kolam ikan yang tidak terawat biasanya akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Maka dari itu sangat penting jika kebersihan kolam tersebut ikut mendapat perhatian.

Dalam membersihkan kolam ikan biasanya cukup dengan menggunakan cairan pembersih. Dimana cairan tersebut tinggal diaplikasikan ke dinding serta dasar kolam kemudian menggosoknya dengan sikat dan dilanjut dengan membilas kolam hingga bersih.

Hal yang harus diketahui jika anda menggunakan cairan pembersih maka perlu dipastikan agar cairan tersebut tidak tertinggal di perairan kolam. Karena apabila hal tersebut terjadi ditakutkan zat kimia pada larutan pembersih dapat meracuni ikan.

6# Merawat Pompa Air

Langkah keenam dari cara merawat taman ialah dengan melakukan perawatan pada pompa air yang ada. Tidak hanya tanaman saja yang diperhatikan namun pompa air dalam kolam ikan juga perlu diperhatikan.

Jika dalam kolam ikan terdapat pompa air maka segala bagian dan instalasinya harus dipastikan agar tetap bersih dan masih berfungsi dengan baik.

Biasanya pompa yang tidak terawat akan rusak dan menyebabkannya mengeluarkan suara bising yang bisa mengganggu ketentraman kolam.

7# Mengkondisikan Tanaman Yang Mati

Agar taman terlihat cantik dan indah biasanya pemilik menempatkan tanaman serta berbagai jenis bunga dengan warna yang cantik dan menarik. Namun hal tersebut bisa menjadi tidak lagi indah jika tanaman dan bunga di sekitar taman layu bahkan mati.

Tanaman yang layu akan menampakkan warna coklat pada daunnya serta bunga yang dimiliki juga akan berwarna kusam. Maka dari itu agar taman anda tetap terlihat indah dan asri penting untuk melakukan penggantian tanaman yang sudah mati.

8# Menyiram Tanaman

Proses penyiraman yang baik dan benar juga merupakan salah satu upayah yang bisa dilakukan untuk merawat taman. Namun proses penyiraman tersebut tidak bisa dilakukan secara umum melainkan anda perlu memperhatikan jenis dan karakteristik tanamannya.

Sebelum melakukan penyiraman anda perlu mengenal karakteristik dari tanaman mulai dari waktu hingga berapa banyak penyiraman yang harus dilakukan. Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanaman karena apabila kekurangan atau kelebihan air bisa membuat tanaman layu hingga mati.

9# Melakukan Pemupukan

Langkah ke sembilan dari cara merawat taman ialah dengan melakukan pemupukan pada setiap tanaman yang ada di taman. Pemberian pupuk ini perlu dilakukan untuk memberikan nutrisi pada tanaman di halaman rumah.

Pupuk yang baik untuk digunakan biasanya dari jenis pupuk organik yang lebih aman untuk tanah serta tumbuhan. Tanah yang gembur dan subur ini akan menghasilkan tanaman yang terlihat segar pula.

Peranan pemupukan selain untuk membuat taman lebih terawat juga bertujuan untuk membuat hubungan simbiosis mutualisme pada lingkungan tersebut tetap berjalan lancar.

Baca Juga : Inspirasi Taman Dalam Rumah Cantik & Modern

10# Memperhatikan Kebersihan Elemen Material Keras

Untuk membuat taman terlihat bersih dan indah tidak hanya dilakukan dengan mengkondisikan sampah dan merawat tanamannya saja. Namun penting juga bagi pemilik taman untuk memperhatikan kebersihan material keras misalnya jalan setapak dan dinding ekspose.

Material tersebut biasanya sering terkena panas dan hujan sehingga mudah sekali lumut dan debu hingga pada bagian satu ini. oleh sebab itu agar taman tampak indah penting juga merawat material pendukung tersebut.

11# Memberikan Pencahayaan Yang Cukup

Semua tanaman memang membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis tanaman dapat hidup di tempat langsung terkena cahaya. Agar tanaman di taman dapat tumbuh subur anda harus menempatkannya di lokasi yang ramah cahaya.

12# Memastikan Tanaman Bebas Hama

Langkah terakhir dari cara merawat taman yaitu dengan memastikan tanaman di pekarangan bebas dari hama. Selain pemupukan hal satu ini juga dimaksudkan untuk menjaga keindahan dan kesuburan tanaman.

Taman di halaman rumah memang menjadi hal yang harus diperhatikan. karena taman yang terawat dengan baik akan menghasilkan pemandangan sekitar yang tampak asri dan indah.

You cannot copy content of this page