Cara Membuat Taman Kering

5/5 - (2 votes)

Anda pasti pernah merasa repot jika harus mengurus taman setiap harinya. Bahkan, pada saat musim kemarau anda harus menyiram tiap pagi dan sore. Sementara ketika musim hujan anda harus lebih rajin mencabut rumput liar yang sering tumbuh di sela-sela tanaman.

Taman sendiri memiliki fungsi yang sangat baik untuk rumah anda. Yaitu sebagai tempat beristirahat sejenak serta mempercantik tampilan hunian. Berikut ini akan diulas mengenai cara buat taman kering di rumah anda.

cara buat taman kering

Pengertian Taman Kering

Kini, taman kering tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Taman ini berisikan berbagai tanaman yang memiliki kebutuhan air sedikit. Sehingga tingkat perawatan taman ini terbilang mudah dan tidak menyita banyak waktu.

Taman kering merupakan suatu taman yang terdiri dari batu koral atau batu kali, pasir, serta beberapa jenis tanaman yang mempunyai sifat tidak membutuhkan banyak air. Disebut juga dengan rock garden, taman satu ini tidak membutuhkan penutup tanah rumput.

Kemudian untuk tamanan yang harus dipilih adalah yang bisa menyimpan cadangan air dalam batang, akar, maupun daunnya. Sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk menyiramnya setiap hari.

Perlu diingat bahwa biaya awal untuk cara buat taman kering ini akan menguras anggaran yang tidak sedikit. Karena di dalamnya terdapat material pilihan seperti batu alam, batu koral, dan ornamen lainnya yang dibandrol dengan harga yang tidak murah.

Lihat : Gallery Taman Kering

Cara Pembuatan Taman Kering

Membuat taman ini tidak sesulit yang dibayangkan, karena anda bisa dengan bebas menentukan desain dari taman tersebut sesuai dengan selera. Yang terpenting taman tersebut bisa menyatu dengan desain rumah dan pemilihan jenis tanaman yang tepat.

Taman ini bisa ditempatkan di dalam ruang atau di luar ruangan rumah. Asal luas lahan yang tersedia mencukupi maka semuanya tidak menjadi masalah. Adapun luas lahan yang dibutuhkan sekitar satu hingga dua belas meter persegi.

Cara Buat Taman Kering :

  1. Cara buat taman kering yang pertama yaitu selalu siapkan desain dan layout taman kering yang diinginkan. Layout desain akan mempermudah dalam proses pembuatan. Karena layout juga membuat tampilan taman kering semakin cantik dan tertata apik.
  2. Cek sistem drainase atau pembuangan massa air secara alami atau buatan dari permukaan tinggi ke rendah. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari genangan air yang bisa memicu tumbuhnya lumut di area sekitar taman kering.
  3. Pilihlah tumbuhan yang sesuai dengan kondisi cahaya di lokasi taman kering yang akan dibuat. Pastikan tanaman tersebut merupakan tumbuhan yang diperuntukkan pada kondisi tersebut.
  4. Gunakan ijuk atau media pasir sebagai alas taman dengan catatan, kedalamannya kurang dari 5 cm. Yang berfungsi sebagai pengganti tanah yang akan menyerap air pada saat menyiram tanaman atau hujan. Media ini juga akan memperlancar drainase.
  5. Jangan takut bereksperimen dengan penggunaan material pengisi taman ini. Anda juga bisa menggunakan material bekas yang ada di rumah. Lapisan material tersebut dengan pelapis berupa cat, coating anti karat dan anti jamur agar kekuatannya tahan lama.
Tukang Taman Jogja

Syarat Pembuatan Taman Kering

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam cara buat taman kering, antara lain sistem pencahayaan dari sinar matahari yang memberi cahaya secara penuh serta sirkulasi udara yang baik.

Karena jenis tanaman yang digunakan terdiri dari dua jenis. Yaitu tumbuhan yang membutuhkan banyak sinar matahari dan yang membutuhkan keteduhan. Selain itu, taman kering juga tidak boleh menggunakan tempat yang lembab dan gelap.

Dikarenakan akan membuat tanaman menjadi mudah membusuk. Serta batu yang digunakan pada taman tersebut lebih mudah berlumut ketika terkena daerah yang lembab. Oleh sebab itu, taman satu ini harus terkena sinar matahari terus menerus.

Ciri utama dari taman satu ini adalah penggunaan batu alam dan pasir. Kedua bahan tersebut tidak boleh ditaruh begitu saja ke media tanam atau tanah yang digunakan. Oleh sebab itu, sebelumnya harus diberikan lapisan berupa batu kecil atau kerikil.

Lebih bagus lagi, apabila cara buat taman kering ini menggunakan semen untuk proses pengerasan. Tujuan yaitu agar ketika melakukan penyiraman, tanahnya menjadi tidak basah. Sehingga tidak akan mengotori batu alam dan pasirnya.

Untuk tanaman yang akan digunakan, penentuannya tergantung dimana taman tersebut akan ditempatkan. Apabila berada dalam ruangan, maka pilihlah jenis tanaman yang tidak begitu banyak membutuhkan sinar matahari.

Contohnya seperti lili paris, aneka jenis sansevieria dan sebagainya. Sedangkan untuk yang berada di luar, maka jenis tanaman yang dibutuhkan adalah yang lebih tahan terhadap sinar matahari seperti kaktus, palem, sikas, atau yang lainnya.

Teknik perawatan taman kering juga mudah dilakukan, yaitu cukup selalu menjaga agar tanaman tersebut selalu dalam kondisi yang bersih dan jika ada daun yang kering maka harus segera dipotong atau dibuang.

Dengan memperhatikan berbagai langkah pembuatan dan perawatan dari taman kering ini, anda bisa menerapkannya di rumah anda. Karena dengan adanya taman ini, akan memperindah dan menyejukkan hunian anda.

You cannot copy content of this page