6 Jenis Sistem Elektrikal yang Bisa Diterapkan untuk Bangunan

5/5 - (2 votes)

Sistem elektrikal berperan penting dalam menjaga pasokan listrik dalam suatu bangunan agar tetap selalu optimal. Untuk memperkuat fungsi dan tugasnya ini, terdapat beberapa komponen utama yang menguatkannya.

Untuk mengetahui enam jenis komponen utama dalam sistem elektrikal di sebuah bangunan, kami sudah merangkumkannya untuk Anda melalui artikel di bawah.

6 Jenis Komponen Utama Sistem Elektrikal Sebuah Bangunan

Beberapa sistem atau utama yang harus tersedia dalam suatu bangunan rumah atau untuk peruntukkan lainnya ialah:

1# Main Distribution Board/MDB atau Panel Distribusi Utama

MDB merupakan komponen inti dalam sistem instalasi listrik yang harus ada dalam setiap bangunan. Panel Distribusi Utama ini akan menjadi pengendali aliran listrik dari sumber, seperti PLN dan generator serta membagi daya ke sejumlah sirkuit.

MDB-lah yang akan mengorganisir distribusi listrik yang aman ke semua area bangunan dan memastikan bahwa tidak ada bagian yang melampaui kapasitas yang sudah ditentukan. asa

2# Miniature Circuit Breaker (MCB)

Tugas MCB ialah sebagai pelindung instalasi listrik atas kelebihan beban dan hubungan pendek. Saat MCB mendeteksi adanya arus yang melebihi batas aman, maka secara otomatis dia akan memutus sirkuit.

Dengan begitu, komponen ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan lebih lanjut. Tidak hanya itu, sistem ini juga memproteksi keamanan instalasi listrik di bangunan.

Oleh karena itu sangat penting melakukan pemasangan yang bijak terhadap sistem ini sebagai usaha melindungi rumah sekaligus investasi jangka panjang agar budget perbaikan tidak membengkak.

3# Saklar

Saklar merupakan suatu sistem yang paling familiar dan seringkali Anda sentuh dalam sistem elektrikal. Sistem ini akan memungkinkan Anda untuk mengendalikan aliran listrik menuju sebuah peralatan atau seluruh area bangunan.

Tidak hanya itu, pengaplikasian saklar yang berkualitas baik bukan hanya akan memperpanjang usia pemakaiannya, namun turut serta meminimalisir risiko kecelakaan listrik.

Oleh karena itu, penting sekali untuk berinvestasi dalam penggunaan saklar berkualitas optimal demi memastikan keamanan dan kenyamanan saat konsumsi listrik sehari-hari.

4# Kabel dan Kawat

Kedua sistem ini bertugas untuk mengangkut arus utama pada setiap instalasi listrik. Agar keamanan dan efisiensi kerjanya berjalan secara optimal, maka penting sekali untuk memilih jenis dan ukuran kabel yang tepat.

Jika kabelnya terlalu kecil, maka cenderung akan lebih cepat panas dan kemungkinan besar akan menyebabkan terjadinya kebakaran. Di sisi lain, saat kabelnya terlalu besar dapat membuang-buang uang saja karena tidak terlalu diperlukan.

Makanya, pastikanlah agar selalu memakai kabel yang sesuai standar nasional, internasional, dan sesuai dengan keperluan daya alat elektronik di rumah. Jika pandai memilih kabel yang sesuai juga akan meningkatkan efisiensi energi sekaligus mengurangi potensi kebakaran.

5# Stop Kontak

Sistem ini ialah titik akses dalam menghubungkan peralatan listrik dengan sumber listriknya. Ketika menentukan stop kontak, pastikanlah spesifikasinya cocok dengan peralatan yang akan Anda hubungkan.

Semakin berkualitas komponen ini, maka dia dapat menghadirkan proteksi lebih atas lonjakan arus dan mengurangi munculnya risiko kebakaran. Tidak sampai disitu, cek juga penempatannya agar tidak mempengaruhi ruangan dan tetap terjaga dari potensi kerusakan.

6# Proteksi dan Grounding

Sistem grounding memiliki fungsi sebagai pelindung penghuni dan peralatan elektronik terhindar dari gangguan listrik. Cara kerja dari grounding adalah mengalirkan arus listrik yang tidak diperlukan tersebut menuju bumi.

Hal ini nantinya akan membantu mengatasi permasalahan tegangan listrik yang kondisinya tidak stabil. Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan penggunaan sistem grounding, sehingga Anda jangan ikut juga seperti itu.

Ketika sudah memilikinya, pastikanlah sistem grounding Anda berfungsi baik supaya dia dapat menghindari bahaya yang tidak diinginkan. Ketika sudah tahu beberapa komponen atau jenis sistem elektrikal, pastikanlah selalu membuat kondisinya tetap prima.

You cannot copy content of this page