11 Jenis Semen untuk Konstruksi Rumah dan Bangunan

5/5 - (2 votes)

Apakah Anda sedang mencari pembahasan mengenai berbagai macam jenis semen berkualitas dan cocok digunakan untuk semua jenis konstruksi Anda? Jika iya maka Anda sangat beruntung karena hal itulah yang akan kami jelaskan di dalam pembahasan kali ini.

Ketika membangun sebuah bangunan kita harus memastikan untuk membeli produk semen dengan kualitas terbaik. Semen bagus akan memastikan rumah dan bangunan tetap kokoh meskipun sedang terjadi hujan lebat maupun angin ribut.

Anda pastinya ingin melindungi semua anggota keluarga Anda bukan? Maka dari itu pastikan untuk menggunakan material terbaik dalam membangun rumah Anda.

Salah satunya adalah dengan menggunakan 11 jenis semen berkualitas yang akan kami jelaskan. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

Pilihan Semen untuk Konstruksi Rumah dan Bangunan

Untuk bisa mendapatkan rumah dengan struktur bangunan yang kuat dan kokoh. Maka Anda perlu memilih material-material terbaik menyusun bangunan tersebut. Salah satunya dengan memilih salah satu produk berkualitas dari list di bawah ini.

1# Semen Portland Biasa (OPC)

Produk pertama yang bisa Anda coba gunakan adalah semen portland. Portland cement memiliki karakteristik yang unik dan juga akan membuat bangunan Anda menjadi lebih kokoh.

2# Portland Pozzolana (PCC)

Produk lainnya yang bisa Anda coba adalah portland pozzolana cement. Produk alternatif dari portland cement ini juga sering digunakan di dalam konstruksi dan selalu menjadi favorit banyak orang.

3# Semen Batu Kapur Portland (PLC)

Anda juga bisa menggunakan semen lainnya yaitu PLC, produk ini sering digunakan sebagai material tambahan pozzolan. Dengan begitu konstruksi rumah Anda bangun akan menjadi semakin kuat dan kokoh dari berbagai masalah.

4# Semen Putih

White cement biasa digunakan sebagai proyek-proyek hiasan di dalam dan juga di luar ruangan. Produk ini sering digunakan untuk membuat kolam ikan, dan juga kolam renang karena warnanya putih.

5# Semen High Alumina

High alumina cement sering digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan terhadap serangan kimia pada beton.

6# Semen Anti Bakteri

Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki alergi atau sensitif terhadap suatu bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Semen anti bakteri biasa digunakan untuk membuat pabrik makanan mewajibkan kesterilan di dalam ruangan.

7# Oil Well Cement

Contoh produk lain yang bisa Anda gunakan di dalam pembahasan kali adalah oil well cement yang merupakan produk dari tiga roda. Sesuai namanya, produk ini digunakan untuk membuat konstruksi sumur minyak maupun gas.

8# Air Entertaining Cement

Semen jenis ini memiliki kemampuan yaitu menampung udara dihasilkan dengan mencampurkan resin, lem, dan material lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan beton.

9# Colored Cement

Colored cement merupakan cement berwarna yang cocok digunakan untuk membuat berbagai hiasan dekoratif pada dinding maupun lantai.

10# Rapid Hardening Cement

Rapid hardening cement sangat cocok untuk pekerjaan yang mengharuskan cement bisa kering dengan cepat seperti perbaikan jalan, trotoar, dan proyek infrastruktur lainnya.

11# Super Masonry Cement

Super Masonry Cement menjadi salah satu material paling cocok untuk digunakan di dalam konstruksi bangunan untuk membuat berbagai macam produk mulai dari paving block, tegel, dan bata berlubang.

Mencari produk cement cocok untuk kebutuhan konstruksi memang bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Anda harus benar-benar teliti dalam memilih suatu produk, sebab jika salah memilih maka bisa jadi konstruksi bangunan yang kita bangun tidak menjadi kuat dan membahayakan penghuni di dalamnya.

You cannot copy content of this page