14 Jenis Atap dan Rangka yang Perlu Anda Perhatikan

5/5 - (2 votes)

Pada pembangunan sebuah gedung, rumah, atau jenis lainnya tentu atap menjadi bagian penting guna menjaga keamanan yang ada di dalamnya. Selain rangka kokoh atap juga memerlukan penyesuaian dengan desain bangunan tersebut. Jadi akan terpenuhi fungsi serta estetikanya.

Rumah tidak hanya aman dari panas dan hujan melainkan juga tetap nyaman dilihat. Berbagai jenis atap dapat Anda sesuaikan dengan kondisi lingkungan serta selera tersendiri. Maka dari itu pemilihan jenis mana yang akan digunakan sebelum membangun hunian penting dilakukan.

Berbagai Jenis Atap Rangka yang Bisa Dipertimbangkan

Mengenal jenis-jenis bisa Anda pilih ini akan memiliki karakteristik bahan, bentuk, warna yang berbeda beda. Anda bisa langsung menyesuaikan budget juga selera dari arsitektur rumah Impian. Kami akan menyajikan beberapa jenis rangka bisa menjadi pertimbangan.

1# Bentuk Atap Flat

Bentuk datar ini mungkin akan banyak ditemukan pada komplek area perumahan yang terkesan minimalis. Bentuknya datar di atas biasanya akan digunakan pemiliknya membuat ruangan baru seperti rooftop di atasnya.

2# Glass Roof Untuk Cahaya

Dengan menggunakan bahan berupa kaca bening yang berada di antara berbahan lain. Ini biasanya digunakan orang-orang sebagai salah satu cara agar bangunan bisa mendapat cahaya cukup di siang hari. Cocok untuk model rumah satu lantai atau dua lantai.

3# Model Gable Roof

Adalah bentuk atap paling banyak ditemui terutama di Indonesia. Berbentuk dua sisi miring disatukan ini tujuan utama adalah agar air yang jatuh di atas bisa langsung turun ke tanah. Oleh karena itu, jenis ini sangat cocok di negara beriklim tropis.

4# Rangka Kuda-Kuda Kayu Kokoh

Jenis rangka paling banyak digunakan karena kokoh dan juga awet. Penggunaan bahan kayu ini juga menambah kesan eksotis suatu bangunan. Namun, mungkin memang harga membuat kerangka jenis ini lebih mahal.

5# Saltbox Roof Indah Luas

Model atap satu ini mungkin akan banyak dilihat pada bangunan yang memiliki bentuk seperti aula satu lantai yang cukup luas, atau bahkan lapangan indoor, kolam renang indoor, serta tempat lainnya memerlukan bentuk sedemikian.

6# Kuda-Kuda Baja Ringan Rangka

Berbeda dengan kayu ini menggunakan bahan utama yaitu baja. Tingkat ketebalan baja juga bisa disesuaikan tergantung keinginan karena semakin tebal maka akan semakin kokoh juga.

7# Atap Bahan Genteng Keramik

Bahan ini akan memperlihatkan kesan kemewahan dan keanggunan pada bangunan. Bahan keramik yang cukup mahal biasanya akan dipilih hanya pada bangunan tertentu saja.

8# Piramida Roof Eksotis

Memiliki tampilan unik dengan simetris sangat cocok pada bangunan tidak begitu besar terdiri dari berbagai ruangan di atasnya. Dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan.

9# Jenis Kuda-Kuda Beton

Jenis ini lebih kokoh dibandingkan lainnya. Namun, memang akan lebih berat bobotnya bisa mencapai ketebalan 1:10 atau 1:12 pada atapnya.

10# Bentuk Atap Cor

Digunakan pada bangunan bertingkat banyak. Dengan tampilan datar yang biasanya juga digunakan menjemur serta aktivitas lain bisa dilakukan disana.

11# Butterfly Roof Unik

Bentuknya unik seperti kupu-kupu membuat jalur yang biasanya berbentuk seperti huruf A kini berbanding terbalik. Air akan jatuh turun melalui bagian tengah.

12# Model Atap Kubah

Tampilan melengkung seperti lingkaran mungkin jarang Anda temui rumah atau bangunan semacam itu. Bentuknya unik biasanya akan mudah ditemukan tempat wisata.

13# Curved atau Melengkung

Jenis dengan nilai estetika tinggi bisa menjadi pilihan model rumah Anda. Menggunakan bentuk bangunan cukup luas hindari rumah memiliki lantai terlalu tinggi jika menggunakan jenis ini.

14# Bentuk Atap Kombinasi

Jika Anda bingung mau menggunakan jenis dan model yang mana. Mungkin bisa mencoba menggabungkannya dalam satu bangunan hunian Anda agar lebih beda dari yang lain.

Setiap bangunan tentu memerlukan atap dengan kerangka kokoh serta bentuk tetap indah. Terdapat berbagai jenis bisa menjadi pilihan sebelum melakukan pembangunan.

You cannot copy content of this page