12 Jenis Pintu dan Jendela yang Sering Digunakan

5/5 - (2 votes)

Meski terkesan sepele, namun pintu dan jendela berperan penting dalam menjaga kenyamanan dan keindahan rumah kita. Sebagai jalur sirkulasi udara pada sebuah bangunan, jendela merupakan salah satu komponen yang tidak boleh diabaikan.

Jendela juga memungkinkan cahaya alami atau sinar matahari masuk ke dalam bangunan sehingga membuat ruangan menjadi lebih terang dan terasa hangat.

Mengenal Jenis Pintu dan Jendela

Setiap pintu dan jendela di bawah ini memiliki karakteristik berbeda-beda satu sama lain. Ada yang sangat cocok untuk semua tipe rumah, namun ada juga hanya bagus untuk sebagian rumah saja.

1# Pintu Kayu

Jika Anda pecinta alam, pintu kayu adalah pilihan terbaik untuk Anda. Dengan tekstur alaminya yang menawan, jenis ini menambah sentuhan hangat dan elegan pada rumah Anda. Selain itu, pintu kayu memberikan insulasi yang baik sehingga menjamin suhu ruangan nyaman.

Saat hujan, Anda bisa mendengar suara alam namun tetap merasa aman serta nyaman di dalam rumah. Aroma kayunya khas juga mampu menghadirkan suasana tenang dan nyaman di setiap sudut rumah Anda.

2# Pintu Kaca

Sebenarnya ada dua jenis pintu kaca, jenis ini lengkap dengan kusen seluruhnya terbuat dari kaca. Harganya cukup mahal membuat tampilan tersebut lebih banyak ditemukan pada rumah bernuansa modern.

3# Pintu Fiberglass

Jika model pintu kaca biasa kurang memuaskan, ada jenis fiberglass mungkin cocok untuk Anda. Dibandingkan kaca biasa Fiberglass ini mempunyai ketahanan terhadap cuaca yang lebih tinggi.

4# Pintu Plat Besi

Jika Anda sedang mencari model yang tahan api serta guncangan, maka plat besi lembaran ini adalah pilihan terbaik untuk Anda. Namun kini semakin banyak orang yang menggunakan besi jenis ini sebagai pintu penyimpanan, gerbang masuk rumah, dan gerbang garasi.

5# Pintu PVC

Bahan polivinil klorida atau PVC sering kita temukan pada pipa air, perabot rumah tangga, dan kabel listrik. Namun tahukah Anda kalau pintu depan ada yang berbahan PVC? Benar sekali, jenis satu ini ringan, tahan air, dan tidak dimakan rayap.

6# Jendela Geser

Jenis selanjutnya adalah jendela geser. Jendela geser adalah jendela membuka serta menutup dengan menggerakkan panel secara horizontal atau vertikal.

7# Jendelanya Menggulung

Jenis berikunya ialah model jendela roll up atau gulung. Seperti namanya, jenis satu ini dapat dibuka dan ditutup dengan cara menggulung penutup yang tersedia.

8# Jendela Bongkar Pasang

Jendela double-hung merupakan jenis yang terdiri dari dua buah selempang, dimana masing-masing selempang dapat dibuka dan ditutup baik dari atas maupun bawah.

Keuntungan menggunakan model satu ini adalah sistemnya yang fleksibel. Membuka jendela atas atau bawah dapat dipilih tergantung kebutuhan Anda.

9# Jendela Ventilasi

Jendela ventilasi adalah jenis yang memiliki engsel di bagian atas dan dapat dibuka dengan cara menggeser daun jendelanya keluar. Jika dibuka, bentuk ini menyerupai atap tenda.

10# Jendela Nako

Jenis jendela terakhir adalah Nako. Tipe Nako terdiri dari panel kaca dipasang secara vertikal atau horizontal dalam bingkai logam atau kayu.

11# Jendela dari Lantai ke Langit

Ingin menikmati pemandangan di luar ruangan tanpa harus keluar rumah? Pilihan paling cocok adalah setinggi langit-langit.

Dengan bentuk ini pengguna dapat memperluas pandangan dan menikmati sinar matahari yang menyegarkan setiap hari. Pada malam hari, Anda dapat dengan mudah melihat gugusan bintang atau pepohonan hijau di sekitar rumah Anda.

12# Pintu Lipat

Jenis ini agak mirip dengan pintu geser, namun terdiri dari beberapa ruas yang saling terhubung. Model lipat dengan jendela besar ini bisa Anda lipat agar rumah semakin terbuka.

Itu dia beberapa jenis pintu dan jendela dengan karakteristik masing-masing. Kenali berbagai jenis pintu dan jendela yang menjadi salah satu poin penting sebuah hunian.

You cannot copy content of this page