Atap Polikarbonat – Jenis, Bahan Pembuatan, Kelebihan dan Kekurangan

5/5 - (2 votes)

Terdapat beragam pilihan jenis material atap yang bisa dijadikan pilihan, salah satunya adalah polikarbonat. Sama seperti kaca, polikarbonat mempunyai karakteristik mampu menembus cahaya dan transparan.

Dibandingkan kaca, harga material jenis satu ini lebih terjangkau dengan bobot ringan dan lebih fleksibel. Sebelum menggunakan polikarbonat, pahami dengan baik jenis, bahan pembuatan, kelebihan dan kekurangan yang akan dibahas lebih lengkap pada uraian berikut.

Beberapa Jenis Atap Polikarbonat

Atap polikarbonat tidak hanya terbatas memiliki satu jenis saja, tapi ada juga beberapa. Pemilihan jenis mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Inilah beberapa jenisnya yang penting diketahui sebelum membeli dan menggunakannya:

1# Twinlite

Jenis pertama adalah twinlite, yang merupakan varian terbaik dan klaimnya bisa bertahan sampai 15 tahun lebih. Karakteristiknya kokoh dan tebal, tapi ringan. Hanya saja memang dari segi harga lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

2# Solarlite

Solarlite merupakan varian tipe menengah yang tahan bocor dan cukup awet. Pengaplikasiannya cocok pada carport atau kanopi rumah. Dari segi harga, lebih mahal dibandingkan varian solite, tapi lebih murah dari twinlite.

3# Solite

Jenis ketiga adalah tipe paling rendah, yaitu solite. Dibandingkan kedua jenis yang sudah disebutkan sebelumnya, solite memiliki harga lebih murah. Karena kualitasnya paling rendah, solite tidak terlalu awet dan lebih rentan mengalami kebocoran.

Bahan Pembuatan Atap Polikarbonat

Sesuai dengan namanya, produk atap satu ini terbuat dari bahan polikarbonat. Bahan ini terkenal tahan lama, transparan dan kuat. Penggunaannya cocok untuk berbagai jenis bangunan, bukan hanya rumah saja tapi juga pabrik, tempat belanja, gedung perkantoran dan lain-lain.

Produk ini kerap dipakai sebagai pengganti kaca karena mempunyai sifat bisa meneruskan cahaya hingga 90 persen banyaknya. Penggunaan atap jenis ini populer dengan keunggulannya yang tidak bisa dipecahkan dengan mudah.

Beragam Kelebihan Atap Polikarbonat

Bukan tanpa alasan mengapa polikarbonat menjadi salah satu jenis atap yang memiliki banyak pengguna. Mengenai alasan ini relevan dengan kelebihan yang ditawarkannya. Inilah daftar beberapa kelebihannya:

1# Harga Lebih Murah

Kelebihan pertama yaitu mempunyai harga lebih murah dengan tingkat ketahanan yang sudah tidak perlu lagi diragukan. Bukan hanya materialnya saja yang murah. Biaya pasangnya juga termasuk murah karena tidak memerlukan banyak rangka.

2# Pemasangan Mudah

Kelebihan selanjutnya adalah dari segi pemasangan mudah. Caranya yaitu dengan menempelkannya langsung pada rangka atap bangunan. Walaupun mudah, bila tidak yakin memasangnya sendiri bisa meminta bantuan jasa yang tarifnya terjangkau.

3# Tahan Terpapar Cuaca Ekstrem

Produk ini tahan terhadap cuaca ekstrem seperti panas, angin kencang, salju serta hujan. Inilah yang membuatnya banyak digunakan sebagai atap teras atau kanopi. Produk ini bisa tahan terhadap suhu -20 hingga 120 derajat celcius.

4# Mampu Mengurangi Paparan Panas Matahari

Kelebihan terakhir yaitu bisa meredam sinar UV, sehingga mampu mengurangi panas akibat paparan matahari. Hal ini secara otomatis membuat atap menjadi lebih awet dan kuat dalam menghadapi cuaca panas Indonesia.

Beberapa Kekurangan dari Atap Polikarbonat

Atap polikarbonat memang memiliki banyak kelebihan, tapi juga tidak terlepas dari yang namanya kekurangan. Sebelum menggunakan, pertimbangkan beberapa kekurangannya sebagai berikut:

1# Mudah Berkarat

Kekurangan pertama yaitu mudah berkarat. Komponen lain penunjang pemasangan atap, seperti penyangga dan baut bila tidak tahan terhadap karat, bisa membuat polikarbonat mudah berkarat, lalu memicu terjadinya kerusakan.

2# Berisik saat Hujan

Produk ini bersisik saat hujan karena terbuat dari bahan polimer yang mirip dengan plastik. Hal itulah yang membuatnya menghasilkan suara keras mengganggu saat terkena hujan.

3# Mudah Terkena Noda

Kekurangan lainnya adalah noda mudah menempel dan cukup sulit dibersihkan. Apalagi bila pembersihannya jarang dilakukan. Inilah penyebabnya sangat penting untuk rutin dibersihkan.

Memang banyak kelebihan yang ditawarkan atap polikarbonat, tapi Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangannya. Bila tidak masalah dengan kekurangannya, bisa menjadikan jenis atap satu ini sebagai pilihan.

You cannot copy content of this page