Atap Alderon – Jenis, Bahan Pembuatan, Kelebihan dan Kekurangan

5/5 - (2 votes)

Ada banyak jenis atap bisa digunakan sebagai pelindung bagian atas bangunan. Salah satunya adalah alderon, merupakan jenis atap yang banyak dipakai sebagai kanopi untuk garasi, rumah serta rooftop.

Pada era seperti sekarang ini alderon semakin populer digunakan pada hunian dengan konsep modern. Alderon memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan dibahas secara lebih lengkap pada uraian berikut beserta jenis sekaligus bahan pembuatannya.

Beberapa Jenis Atap Alderon dan Bahan Pembuatannya

Sebelum membeli alderon, penting untuk memahami beberapa jenisnya agar tepat sesuai dengan kebutuhan. Hal ini mengingat setiap jenis alderon memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut ini beberapa jenisnya yang penting diperhatikan sebelum menggunakannya:

1# RS Single Wall Corrugated

Jenis pertama adalah RS single wall corrugated tidak mempunyai struktur berongga. Jenis ini menawarkan tiga pilihan varian, meliputi RS greca, RS roma serta RS trimdeck. Ketiganya mempunyai ukuran tebal sama yakni 1,2 mm, tapi lebarnya berbeda.

2# Lite

Lite adalah jenis yang memiliki bentuk gelombang berongga dengan material uPVC twin wall. Dibandingkan varian twin wall corrugated, lite mempunyai struktur lebih tipis serta ringan. Jenis ini memiliki ukuran lebar 664 mm, berat 3,4 kg dan tebal 6 mm.

3# Twin Wall Corrugated

Jenis berikutnya ada twin wall corrugated yang mempunyai dua lapisan uPVC dengan struktur berongga antara dua permukaannya. Struktur demikian membuatnya lebih kokoh dan kuat. Varian ini memiliki dua tipe, yaitu 860 dan 830.

Bahan pembuatan alderon yaitu dari uPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride. uPVC merupakan material jenis plastik keras. Karakteristiknya tahan terhadap paparan jamur, korosi, polusi serta kelembapan.

Berbagai Kelebihan yang Dimiliki Atap Alderon

Setiap jenis atap memiliki kelebihannya masing-masing, begitu juga dengan alderon. Inilah daftar beberapa kelebihan yang dimiliki dan menjadi daya tariknya untuk digunakan sebagai atap hunian:

1# Mudah Dibersihkan

Kelebihan pertama yaitu mudah dibersihkan. Caranya yaitu menyemprotkan air yang sudah dicampur dengan sedikit sabun ke bagian permukaannya. Selain mudah dibersihkan, alderon tidak perlu perawatan khusus yang memerlukan biaya besar.

2# Mampu Meredam Panas

Atap jenis ini mempunyai struktur berongga yang dapat mencegah panas dengan jumlah berlebihan masuk ke dalam ruangan. Inilah penyebabnya ketika digunakan, udara di dalam ruangan terasa sejuk dan nyaman walaupun di luar sedang sangat panas.

3# Mudah Dipasang

Alderon memiliki berat yang jauh lebih ringan dibandingkan jenis metal atau beton. Karena ringan, proses pemasangannya menjadi jauh lebih cepat dan mudah. Selain itu juga bisa menghemat biaya jasa untuk pemasangan.

4# Kedap Suara

Jenis atap ini bisa meredam suara bising dari luar ruangan dengan baik. Contohnya seperti suara kendaraan lalu lalang di jalan dan hujan. Alderon yang mempunyai ketebalan 10 mm terbukti mampu mengurangi suara bising dari luar ruangan.

5# Tahan Api

Kebakaran memang sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada rumah. Tapi, risiko kebakaran tetap ada dan penting diwaspadai. Menariknya, atap ini mempunyai sifat tahan terhadap api serta tidak merambatkannya.

Daftar Beberapa Kekurangan Atap Alderon

Terlepas dari banyaknya kelebihan yang dimiliki, alderon juga mempunyai beberapa kekurangan. Nantinya kekurangan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilihnya sebagai atap. Inilah daftar beberapa kekurangannya yang penting diketahui:

1# Harga Lebih Mahal

Kekurangan pertama yaitu memiliki harga lebih mahal dibandingkan atap berbahan PVC biasa. Anda bisa membandingkan harganya dengan atap berbahan metal atau beton.

2# Pilihan Warna Terbatas

Dari segi pilihan warna terbatas karena hanya mencakup dua varian saja yaitu biru dan putih. Di mana ada kemungkinan muncul varian warna baru lainnya beberapa waktu mendatang.

Bila memang tertarik menggunakan alderon sebagai atap rumah, kelebihan dan kekurangan sebagaimana yang sudah disebutkan bisa menjadi bahan pertimbangan. Jangan lupa juga mencermati jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan mengingat karakteristiknya berbeda-beda.

Meta Deskripsi: Ada banyak jenis atap bisa digunakan sebagai pelindung bagian atas bangunan salah satunya adalah alderon yang cocok diaplikasikan pada rumah konsep modern.

You cannot copy content of this page