Fungsi Aerator Kolam Ikan Koi dan Manfaatnya

5/5 - (3 votes)

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang menurut orang Jepang menjadi simbol persahabatan sekaligus cinta. Namun, keberadaan ikan koi juga sering dijadikan hewan peliharaan di rumah karena keindahan warnanya.

Koi dapat hidup secara normal di dalam kolam dengan tingkat pH 6,5-8,0. Namun, koi juga dapat bertahan hidup pada kondisi air pH 7,0-8,5 sehingga air PDAM masih aman bagi koi.

Dalam membudidayakan ikan koi, tentunya diperlukan beberapa alat yang canggih seperti halnya aerator. Sebagai pecinta koi, Anda harus tahu fungsi dan manfaat dari aerator bagi kolam koi.

Fungsi Aerator pada Kolam Ikan Koi

Kolam koi dapat meningkatkan estetika di rumah maupun bangunan-bangunan lainnya. Agar tidak mengalami kendala saat memelihara ikan koi dibutuhkan sebuah aerator, berikut adalah fungsi aerator yang perlu Anda tahu.

1# Menciptakan Arus

Layaknya aliran air di sebuah sungai, aerator berfungsi mengaduk air pada permukaan kolam. Air yang teraduk karena aerator tersebut akan menciptakan sebuah arus di kolam yang memberikan keuntungan bagi koi.

Jasa Kolam Koi Jogja

2# Memudahkan Berpindah Tempat

Koi akan lebih mudah berpindah tempat dari satu sisi kolam ke sisi lainnya dengan memanfaatkan aliran arus buatan aerator. Kecepatan arus juga dapat diatur sesuai kekuatan aerator dalam mengeluarkan air.

3# Menukarkan CO2 menjadi O2

Arus yang dihasilkan dari aerator dapat menukarkan kandungan karbon dioksida (CO2) dengan oksigen (O2). Udara terpompa ke dalam air sehingga kadar oksigen akan larut dan memenuhi kebutuhan ikan.

4# Menghilangkan Kotoran

Aerator menghasilkan arus air yang cukup cepat sehingga dapat menghilangkan kotoran pada permukaan kolam. Kotoran akan tersingkir secara otomatis jika aerator telah beroperasi sesuai dengan fungsinya.

5# Aerasi Darurat

Keberadaan aerator bisa bekerja dengan menggunakan berbagai jenis energi yakni listrik dan baterai. Apabila menggunakan energi listrik, maka aerator tidak bisa berfungsi ketika pemadaman, namun aerator baterai tetap bisa bekerja.

Manfaat Aerator Kolam untuk Pecinta Ikan Koi

Sebagai pecinta ikan hias, Anda harus tahu manfaat memasang aerator mulai dari sekarang. Pertama, alat ini dapat membersihkan permukaan kolam secara otomatis dengan mengaduk-aduk air sampai kotoran kolam menepi.

Munculnya gelembung-gelembung di dalam kolam dapat menambah oksigen untuk memenuhi kebutuhan ikan. Selain itu, gelembung kolam menjadi estetika tambahan yang bisa dihasilkan melalui aerator.

Baca Juga : Pompa Untuk Kolam Ikan Koi

Dengan kondisi air kolam yang selalu terjaga kebersihannya, maka pemilik ikan koi tidak memerlukan perawatan ekstra. Sebab air akan diaduk terus menerus menjadikan virus, jamur, atau bakteri tidak menyerang koi.

Manfaat lain dalam menggunakan aerator adalah mampu membersihkan sisa makanan dan kotoran koi. Anda tidak perlu membersihkan kotoran secara manual karena alat ini mampu membersihkan air di permukaan kolam.

Koi menjadi ikan hias paling banyak dipelihara atau dibudidayakan karena memiliki corak dan warna yang sangat indah. Keunikan ikan koi dikenal mampu membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

You cannot copy content of this page