Sistem Sirkulasi Overflow Kolam Koi dan Kelebihannya

5/5 - (3 votes)

Sistem sirkulasi overflow adalah salah satu sistem sirkulasi kolam koi yang diterapkan seperti pada kolam-kolam lainnya. Overflow menjadi sistem sirkulasi yang memperbarui dari sistem sebelumnya dengan memiliki berbagai kelebihan.

Namun, sampai sekarang masih banyak yang menerapkan sistem overflow pada kolam koi kurang maksimal. Hal tersebut dikarenakan pemilik kolam tidak berkonsultasi dengan ahli perkolaman untuk mendapatkan informasi secara lengkap.

Agar mengenal lebih dekat dengan sistem overflow pada kolam koi, pastikan simak penjelasan kami di bawah ini. Kami akan mengenalkan overflow kolam koi dan kelebihannya khusus untuk Anda.

Sistem Sirkulasi Overflow pada Kolam Koi

Overflow pada kolam koi merupakan sistem pengairan dengan cara menumpahkan air keluar dari badan kolam. Air yang keluar akan diolah melalui filter khusus dengan bantuan sistem penyaringan.

Setelah air berhasil disaring, kemudian akan dimasukkan kembali ke kolam menggunakan bantuan mesin pompa. Konsep pengairan kolam koi ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan dari ikan koi.

Jasa Kolam Koi Jakarta

Kualitas air kolam akan lebih baik sebagai tempat ikan koi hidup dan berkembang biak. Sistem pengairan kolam dengan overflow memiliki banyak kelebihan, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

5 Kelebihan Sistem Pengairan Overflow Kolam Koi

Cara kerja sistem overflow sangat sederhana yakni dengan melimpahkan air keluar badan kolam, disaring filtrasi, dan dikembalikan oleh mesin pompa. Inilah 5 kelebihan memakai sistem pengairan overflow untuk kolam koi.

1# Menjaga Air Tetap Bening

Permukaan air pada kolam koi akan tetap bening ketika menggunakan sistem pengairan overflow. Karena setiap saat permukaan air akan melimpah keluar untuk difiltrasi dan dikembalikan lagi dalam keadaan bersih.

2# Mengontrol Volume Air

Overflow sangat membantu dalam mengendalikan volume air kolam koi. Jika curah hujan tinggi, maka balancing tank akan menampung penambahan volume air dan sebaliknya, hal ini menjaga dari risiko air luber.

3# Melancarkan Sirkulasi Oksigen untuk Koi

Ikan koi membutuhkan pasokan oksigen, oleh karena itu sistem overflow sangat cocok diterapkan pada kolam. Dengan sistem overflow, sirkulasi udara untuk memenuhi kebutuhan koi bisa berjalan secara optimal.

4# Menambah Estetika Kolam

Suara gemercik pada saluran pengairan kolam koi mempunyai kelebihan lain yakni sebagai nilai estetika kolam. Bukan hanya estetika, suara gemercik air kolam bisa membuat suasana menjadi lebih tenang dan asri.

5# Mencegah Penyakit pada Koi

Sirkulasi air kolam overflow juga dapat mencegah penyakit pada setiap ikan koi di dalamnya. Kebersihan air selalu terjaga membuat penyakit seperti jamur tidak dapat tumbuh berkembang di kolam.

Baca Juga : Perawatan Filter Kimiawi Untuk Kolam Koi

Ikan koi bisa berkembang biak dengan baik ketika hidup di kolam yang menggunakan sistem sirkulasi overflow. Kini sudah saatnya menerapkan sistem sirkulasi tersebut untuk kolam koi di rumah Anda.

Berbagai kelebihan dari sistem sirkulasi tersebut memberikan banyak keuntungan bagi pemilik kolam koi. Sirkulasi overflow kolam koi menjadi jawaban tepat untuk budidaya ikan koi di rumah Anda masing-masing.

You cannot copy content of this page