Tips Backwash dalam Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi

5/5 - (3 votes)

Sebagai upaya dalam menjaga kebersihan kolam ikan koi, para pemilik peliharaan tersebut bisa melakukan yang namanya sistem backwash. Diketahui, ini merupakan cara perawatan paling penting dan sering dilakukan oleh kebanyakan pemilik koi.

Apabila Anda di rumah baru pertama kali memelihara ikan koi dan penasaran mengenai istilah perawatan backwash tidak perlu bingung. Pasalnya, disini kami akan menjelaskan mengenai sistem backwash sebagai upaya menjaga kebersihan kolam koi.

Sistem Backwash dalam Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Koi

Umumnya, ikan koi memiliki perilaku yang cenderung berkumpul di satu tempat hingga menyebabkan tingginya kadar amonia. Permasalahan tingginya kadar amonia tersebut, bisa diatasi dengan melakukan filter dan sistem backwash secara rutin.

Istilah backwash, dikenal sebagai cara perawatan yang dilakukan dengan membersihkan media filter atau penyaringan dari kotoran di air kolam. Pada saat melakukan backwash, Anda hanya perlu mengikuti sejumlah langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Jasa Kolam Koi Tangerang

1# Perhatikan Kondisi Filter atau Penyaringan Media Kolam Koi

Cara melakukan backwash pertama kali, yaitu dengan mengecek terlebih dahulu kondisi filter media kolam ikan koi. Nantinya, Anda bisa melihat apakah kondisi filter media tersebut terlihat sudah kotor atau justru masih dalam keadaan bersih.

Mengetahui media filter yang kotor, bisa dilihat dari indikator tekanan di bagian dalamnya. Di mana apabila tekanannya terbilang tinggi, maka itu menandakan jika sudah terjadi penumpukan kotoran di dalam filter, sehingga menjadikan aliran air terhambat.

2# Jangan Lupa Perbaiki dan Bersihkan Filter Media

Apabila tempat filter kolam koi sudah kotor dan buruk, maka disini Anda perlu melakukan perbaikan dan pembersihan di dalamnya. Ketika membersihkan tempat penyaringan satu ini, disarankan bagi pemilik kolam untuk melakukannya dengan hati-hati.

Untuk tata caranya, tinggal memutar bagian depan valve ke posisi backwash dan lakukan selama kurang lebih 2-3 menit. Biasanya, hal ini dilakukan tergantung dari tingkat kekotoran tempat penyaringan air yang dimiliki.

3# Bilas Alat Secara Berkala dan Teratur

Selanjutnya, Anda tinggal melakukan pembilasan alat secara berkala dengan menggunakan bahan pencuci khusus. Tujuan dari pembilasan alat secara berkala ini, yaitu untuk memaksimalkan media penyaringan kolam ikan koi.

Dengan demikian, maka nantinya proses penyaringan air kolam dapat berjalan dengan maksimal. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan menjadikan sistem backwash yang dilakukan berjalan dengan lancar.

4# Lakukan Backwash Secara Berulang Hingga Air Bersih Optimal

Khusus untuk tips satu ini, sebaiknya dilakukan oleh pemilik peliharaan secara berulang. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yaitu untuk membantu menghasilkan air yang benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

Baca Juga : Filter Biologis Vs Mekanis Untuk Kolam Koi

Di dalamnya, Anda perlu memperhatikan proses penyaringan dan bagaimana dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar. Maka dari itulah, pastikan untuk memperhatikan kedua hal tersebut agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Dalam melakukan backwash kolam ikan koi, umumnya membutuhkan tekanan pompa yang jauh lebih tinggi. Terlebih lagi, jika kondisi kotoran kolam memang menumpuk dan dalam jumlah yang banyak.

You cannot copy content of this page