Tips Perawatan Filter Kimiawi Kolam Ikan Koi yang Tepat

5/5 - (3 votes)

Bagi Anda yang mungkin memiliki peliharaan ikan koi di kolam, maka jangan pernah mengabaikan perawatan filter kimiawi. Hal ini dikarenakan, sistem penyaringan tersebut memiliki manfaat penting dalam menunjang kesehatan ikan koi ke depannya nanti.

Selain itu, penggunaan filter tersebut juga diklaim menjadi komponen paling penting dalam menjaga kualitas air kolam ikan. Maka dari itulah, pastikan Anda di rumah menjaga sistem penyaringan tersebut dengan memperhatikan beberapa tips perawatannya berikut ini.

Tips Cara Perawatan Filter Kimiawi Kolam Ikan Koi yang Tepat

Memperhatikan kondisi ikan koi agar tetap sehat dan nyaman, tentu menjadi fokus utama bagi setiap pemilik hewan peliharaan tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, disini seseorang perlu memperhatikan bagaimana kondisi kebersihan dari kolam ikan koi itu sendiri.

Cara paling mudah menjaga kebersihan kolam koi, bisa dimulai dari merawat sistem filter kimiawi atau penyaringan di dalamnya. Adapun untuk langkah-langkah dalam melakukan perawatan filter kimiawi, bisa dilakukan dengan cara berikut.

Jasa Kolam Koi Depok

1# Menentukan Jadwal Perawatan

Hal paling penting yang perlu Anda lakukan pertama kali, yaitu pastikan untuk menentukan jadwal perawatan secara rutin terlebih dahulu. Dalam hal ini, perawatan bisa dilakukan secara bulanan ataupun sesuai kebutuhan spesifik kolam serta jumlah ikan.

Meski demikian, seseorang dapat memilih waktu tepat untuk melakukan perawatan filter kolam ikan koi. Di mana untuk preferensinya bisa dilakukan di pagi hari, yakni sebelum pemberian pakan atau sebelum peliharaan tersebut aktif bergerak.

2# Menyiapkan Semua Alat dan Bahan

Setelah itu, pemilik peliharaan juga perlu menyiapkan semua alat dan bahan yang memang dibutuhkan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan biasanya berupa sikat khusus kolam, ember, selang air sampai dengan sarung tangan tahan air.

Di samping itu, Anda juga perlu menyiapkan wadah atau tempat sementara untuk penampungan ikan. Ini biasanya dilakukan, ketika nantinya memang diperlukan proses pemindahan peliharaan tersebut selama pembersihan dilakukan.

3# Membersihkan Media Filter

Untuk membersihkan media filter ini, biasanya sering kali dibedakan menjadi dua jenis. Pada jenis media yang pertama, yaitu biasanya hanya dibersihkan secara secukupnya dan tidak perlu diganti berupa filter mat, ijuk, dakron, bioball dan brush.

Sebab, media tersebut dibuat dengan menggunakan bahan plastik dengan fungsi sebatas penyaring air dari partikel kasar saja tanpa proses kimiawi. Sedangkan jenis media kedua perlu diganti secara rutin seperti batu zeolite dan arang (karbon aktif).

4# Melakukan Backwash untuk Membuang Kotoran

Adapun perawatan terakhir, Anda perlu melakukan yang namanya backwash di mana dilakukan dengan membalik aliran air pada ruang penyaringan. Tujuan dari backwash ini, yaitu untuk membuang kotoran kasar yang menempel pada media filter nantinya.

Baja Juga : Media Filter Mekanis Kolam Ikan Koi

Untuk melakukan backwash sendiri terbilang cukup mudah, di mana Anda hanya perlu mencabut pipa penyumbat yang ada. Sehingga, hal ini akan menjadikan proses backwash tersebut berjalan dan kotoran bisa terbuang seluruhnya.

Dengan melakukan perawatan pada sistem filter kimiawi tersebut, tentunya akan menjadikan ikan koi Anda tetap sehat dan terawat. Di samping itu, juga dapat membantu menjaga keindahan dan ketenangan kolam ikan.

You cannot copy content of this page