Tips Memilih Tanah Taman Terbaik Agar Tanaman Bisa Tumbuh

5/5 - (3 votes)

Salah satu faktor tanaman bisa tumbuh sehat adalah pemilihan tanah taman. Ya, tanah yang subur dan gembur menjadi kunci dalam merawat tanaman hingga tumbuh dan berkembang.

Untuk itu, ada beberapa tips mudah dalam memilih tanah untuk media tanaman. Oleh karena itu, ketahui karakteristik tanah yang cocok untuk tanaman hias agar bisa berkembang.

Tips Jitu untuk Memilih Tanah Taman agar Tanaman Bisa Berkembang

Sebagai pemilik tanaman hias, maka Anda wajib tahu karakteristik tanah, sebab tanah adalah media tanaman untuk bisa berkembang. Jika tidak mengetahuinya, maka tanaman yang Anda budidayakan bisa saja membusuk.

Sebab media tanah yang tidak bisa menyerap nutrisi untuk tumbuhan. Oleh karena itu, ini dia tips mudah dalam memilih tanah taman agar tanaman bisa berkembang, di antaranya adalah sebagai berikut ini :

1# Mengetahui Jenis Tanaman yang Akan Dibudidayakan

Tips pertama, ketahui jenis tanaman yang akan Anda budidayakan. Sebab setiap jenis tanaman ini membutuhkan jenis tanah yang berbeda.

Jasa vertical garden surabaya

Anda bisa mencoba jenis tanah humus, tanah aluvial, serta tanah vulkanis. Jadi, ketahui jenis tanaman yang akan Anda tanam dahulu sebelum memilih jenis tanahnya.

2# Memilih Tanah dengan pH yang Dibutuhkan

Tips pertama, ketahui pH jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan. Ya, setiap tanaman membutuhkan kadar pH tanah yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam mengetahui ukuran pH setiap tanaman. Pilih jenis tanah dengan pH yang pas untuk tanaman.

Jika tidak, maka tanaman yang sedang Anda budidayakan bisa saja membusuk karena kelebihan atau kekurangan kadar pH dalam tanah.

3# Gunakan Bahan Organik untuk Campuran Tanah

Tips ketiga, gunakan tambahan bahan-bahan organic untuk campuran tanah tanaman. Tujuannya tentu untuk menyuburkan dan meningkatkan pH tanah.

Sehingga tanaman yang Anda tanam bisa tumbuh dengan subur. Salah satu contoh bahan organik sebagai campuran tanah tanaman hias adalah kulit telur.

Perlu Anda ketahui bahwa kulit telur mengandung nutrisi cukup besar untuk menggemburkan tanah. Selain itu, Anda bisa menambahkan sekam agar tanah menjadi gembur.

Jadi, pilih campuran bahan organik yang mampu meningkatkan pH serta menggemburkan tanah agar tumbuhan bisa berkembang dengan baik.

4# Memilih Tanah dengan Drainase Baik

Tips keempat, pastikan tanah yang akan Anda tanami tanaman hias memiliki struktur drainase yang baik. Struktur drainase yang baik ini membantu tanaman agar tetap sehat dan terhindar dari pembusukan.

Sebab kadar air selalu terjaga. Jika struktur drainase kurang baik, maka proses pembusukan di bagian akar menjadi lebih cepat.

Lihat Juga : Jasa Desain Interior Surabaya

5# Hindari Hama di Area Tanah

Tips keempat, pastikan Anda telah membersihkan area tanah dari hama. Sebab hama menyebabkan perlambatan pertumbuhan tanaman hias.

Pemilihan tanah menjadi salah satu faktor penting dalam membudidayakan tanaman hias. Oleh karena itu, Anda wajib tahu bagaimana tips memilih tanah taman agar tanaman bisa tumbuh.

You cannot copy content of this page