Ciri Tanaman Nanas Merah yang Langka dan Jarang Diketahui

5/5 - (3 votes)

Tanaman nanas merah mungkin masih asing di telinga sebagian masyarakat awam. Hal ini wajar saja terjadi, mengingat tanaman ini yang sangat langka dan sulit ditemukan.

Meski demikian, tumbuhan ini juga menjadi primadona yang banyak dicari karena kelangkaannya tersebut. Lantas apa sebenarnya nanas merah itu dan bagaimana cirinya?

Ciri Khas Tanaman Nanas Merah

Nanas merah yang memiliki nama ilmiah Ananas Bracteatus ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari Brazil. Warnanya yang berbeda dengan warna normal nanas menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Apalagi buahnya tersebut juga diklaim memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Hal inilah yang menjadikan Ananas Bracteatus banyak diburu untuk berbagai kebutuhan. Bagi Anda yang belum tahu tentang tanaman ini, berikut adalah ciri-cirinya:

1# Bentuk Tanamannya

Nanas merah pada dasarnya memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran normal pada umumnya. Pada tanaman ini mempunyai bunga berduri berwarna violet pucat dengan kombinasi warna merah.

Untuk bentuk daunnya memiliki ukuran panjang, linier, dan melengkung. Sedangkan pada bagian batangnya semu berbentuk roset dengan tinggi sekitar 30-50 cm.

Di bagian pangkal batang nanasnya berbentuk lebar dan berwarna hijau tua. Untuk bagian buah nanasnya ini memiliki daging segar berwarna putih kekuningan dan tidak berbiji.

2# Hanya Bisa Tumbuh Alami

Banyaknya peminat nanas merah menjadikan ketersediaan tumbuhan dan buahnya semakin terbatas. Apalagi tanaman Ananas Bracteatus ini diketahui belum ada rekayasa genetikanya yang bisa meningkatkan produktivitas buahnya.

Sehingga, untuk tanaman Ananas Bracteatus ini hanya dapat tumbuh secara alami. Hal inilah yang menyebabkan terbatasnya ketersediaan nanas merah dan harganya menjadi tergolong sangat mahal.

3# Buahnya Kaya Manfaat

Meski terkadang hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja, ternyata buahnya ini juga mempunyai banyak manfaat ketika dikonsumsi. Melansir dari berbagai sumber, adapun manfaat dari buah langka satu ini antara lain sebagai berikut:

  • Mencegah batuk flu dan deman
  • Menurunkan tekanan darah
  • Membantu menurunkan BB
  • Menguatkan tulang
  • Menyehatkan gusi
  • Melancarkan menstruasi

Dengan banyaknya manfaat bagi kesehatan tidak heran jika buah nanas merah banyak diburu oleh masyarakat.

4# Buahnya Memiliki Rasa Unik

Berbeda dengan rasa asam seperti pada buah nanasnya, pada jenis Ananas Bracteatus satu ini memiliki rasa buah yang cukup unik. Bagi yang pernah mencobanya, buahnya memiliki rasa yang sangat manis dan lezat.

Berbeda halnya dengan nanas normal yang memiliki rasa asam. Bahkan penikmat buah nanas merah ini tidak perlu merendam nanas pada air garam untuk menghilangkan asamnya. Rasa manis alaminya menjadi daya tarik sendiri dari buah jenis ini.

Setelah mengetahui berbagai ciri tentang tanaman nanas merah, mungkin Anda juga tertarik untuk menjadikannya tanaman hias di rumah atau ingin mencicipi rasanya. Anda bisa mulai menanam tanaman ini di rumah.

You cannot copy content of this page