Jenis Tanaman Calathea yang Cocok untuk Hiasan Rumah

5/5 - (3 votes)

Tanaman Calathea adalah jenis tanaman hias indoor yang cukup populer dan banyak diminati. Menjadi salah satu tanaman hias yang banyak penggemarnya, menjadikan Calathea lebih mudah ditemui di ruangan dalam rumah.

Memiliki daun tampak mencolok dan indah menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman ini. Bahkan jika dilihat sekilas, tanaman ini hampir mirip dengan tanaman aglonema. Tapi sebenarnya tanaman ini memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih sebagai hiasan dalam rumah.

Ketahui Berbagai Jenis Tanaman Calathea

Tanaman Calathea umumnya mempunyai beraneka jenis spesies dengan warna, bentuk, dan motif yang berbeda. Memiliki beragam spesies menjadikan Calathea cukup banyak dilirik sebagai tanaman hias indoor.

Selain bisa dipilih sesuai dengan keinginan, tumbuhan ini juga mudah dalam perawatannya. Adapun untuk jenis tumbuhan yang termasuk spesies Calathea antara lain sebagai berikut:

1# Calathea Lancifolia

Pada jenis Lancifolia memiliki motif daun seperti reptil. Bahkan tumbuhan Lancifolia dapat tumbuh hingga mencapai ½ meter dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki warna didominasi hijau dan kekuningan.
  • Bisa tumbuh panjang seperti tombak.
  • Memiliki tekstur yang bergelombang dan mengkilap.

2# Calathea Zebrina

Pada jenis motif Zebrina sesuai dengan namanya, yaitu menyerupai motif zebra. Warna daunnya memiliki warna kombinasi pola hijau tua dengan garis daunnya yang hijau muda.

Garis daun yang dimiliki Zebrina sangat tegas sehingga menjadikan jenis spesies Zebrina ini tampak cantik. Pada saat musim tumbuhan ini tiba, maka akan muncul bunga berwarna ungu dan putih mekar dari jenis Zebrina ini.

3# Calathea Crimson

Jenis Crimson atau Prayer Plant ini merupakan spesies yang cukup banyak diminati hingga saat ini. Memiliki motif unik dengan corak daun berbeda dari lainnya, menjadikan tumbuhan Crimson lebih banyak dipilih untuk tanaman hias dalam rumah.

Daunnya memiliki kombinasi warna ungu dan hijau tua menambah keindahan dan tampilan Crimson yang tampak lebih mewah. Menariknya, saat malam hari daun dari tumbuhan Crimson ini akan tampak menguncup.

4# Calathea Ornata

Selanjutnya ada spesies jenis Ornata. Pada tumbuhan Ornata ini mempunyai warna daun cantik, yaitu warna hijau dengan garis tipis berwarna pink putih. Apalagi tampilannya yang bisa dibilang lebih feminim daripada ketiga spesies sebelumnya.

Spesies Ornata juga sangat mudah tumbuh atau ditanam di negara dengan iklim tropis. Meski demikian, ketika menanam variasi Ornata harus lebih teliti dan telaten agar bisa tumbuh subur.

5# Calathea Orbifolia

Jenis Calathea selanjutnya yaitu Orbifolia. Pada spesies Orbifolia ini memiliki kondisi daun lebih kokoh dan lebar. Selain itu juga memiliki pola garis-garis halus yang mendukung tampilan daun menjadi lebih cantik.

Umumnya Orbifolia ini dapat tumbuh di ruangan rumah hingga 30 cm. Jika Anda mencari tanaman hias yang tampak cantik dan mewah untuk dipajang, maka bisa memilih salah satu jenis dari tanaman Calathea ini.

You cannot copy content of this page