Cara Menanam Pohon Bonsai Randu Varigata yang Tepat

5/5 - (2 votes)

Pohon bonsai randu varigata adalah salah satu tumbuhan yang memiliki keunikan, mulai dari segi bentuk hingga jenisnya. Apalagi pohon yang masuk ke dalam jenis bonsai ini sangat mengutamakan dari sisi keindahannya.

Tidak heran jika randu varigata saat ini banyak dicari orang untuk berbagai kebutuhan, mulai dari untuk hiasan hingga menjadikan lingkungan lebih sejuk. Bagi Anda yang ingin menanam pohon jenis ini tentu harus menanamnya dengan teknik yang benar agar bisa tumbuh subur.

Cara Tanam Bonsai Randu Varigata

Bonsai randu varigata sebagai salah satu tanaman hias, ini memang memiliki beragam keunggulan dan tidak hanya dibuat untuk hasan saja. Namun untuk bisa memiliki pohon randu varigata ini Anda harus menanamnya dengan benar.

Sebenarnya untuk metode atau cara menanamnya cukup mudah, tapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat mulai menanam tumbuhan jenis ini. Adapun cara menanam randu varigata yang benar antara lain sebagai berikut:

1# Pilih Bibit dengan Kualitas Bagus

Sebelum mulai menanamnya, Anda harus memilih bibit randu varigata dengan kriteria bagus dan tampak subur. Dalam hal ini Anda dapat memilih pohon yang memiliki jumlah ranting cukup banyak.

Hal ini bertujuan agar ketika randu varigata mengalami pertumbuhan akan menjadi pohon yang kuat. Selain itu dalam pemilihan bibitnya harus memperhatikan bagian bonggolnya.

Ketika memilih bonggol yang bagus, maka Anda dapat memilih bonggol yang memiliki ukuran besar. Sebab ukuran bonggol tersebut juga akan mempengaruhi bentuk dan arah pertumbuhan pohon randu varigata.

2# Pangkas Bagian Akar

Setelah menemukan bibit yang dirasa tepat dan bagus, maka cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan sela-sela batang dengan menggunakan alat bantu kuas. Setelah selesai dibersihkan, Anda bisa mulai untuk memangkas bagian akar bonggol.

3# Menyiapkan Media Tanam

Cara selanjutnya yang harus dilakukan yaitu Anda bisa mulai menyiapkan media tanam untuk pohon randu varigata ini. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan bentuk pohon bonsai randu varigata yang akan ditanam.

Sebelum memindahkan bibit ke media tanam, Anda harus memastikan bahwa media tanam tersebut sudah padat dengan tanah. Agar pot tersebut bisa padat, Anda dapat menambahkan tanah dengan kandungan humus.

4# Pangkas Bagian Rantingnya

Setelah selesai, langkah selanjutnya dengan memindahkan bibit ke media tanam, langkah selanjutnya yaitu dengan memangkas bagian rantingnya. Tujuannya ialah agar pohon bisa terbentuk lebih bagus sesuai dengan keinginan Anda.

Saat melakukan langkah pangkas bagian ranting ini, Anda dapat menggunakan alat bantu berupa tang dan kawat. Dengan alat tersebut Anda bisa melakukan proses pembentukan pohon sesuai dengan keinginan Anda.

Jangan lupa ketika melakukan pemangkasan di bagian rantingnya harus dilakukan dengan teliti dan detail. Sebab pada langkah ini merupakan tahapan yang akan menentukan bagus tidaknya tampilan pohon bonsai varigata Anda.

You cannot copy content of this page