Cara Menanam Tanaman Hias Duranta dengan Mudah

5/5 - (3 votes)

Duranta atau memiliki nama lain sinyo nakal merupakan salah satu jenis tanaman perdu dengan tinggi mencapai 1 sampai 3 meter. Menariknya bunga ini bisa dibudidayakan untuk berbagai macam keperluan.

Pada dasarnya merawat duranta tidak terlalu sulit. Tetapi memang perlu perhatian khusus agar pertumbuhannya bagus dan subur, sehingga terlihat cantik jadi kalau nantinya dijual harganya bisa lebih tinggi.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Duranta

Bunga satu ini sangat senang berada di lingkungan yang bisa terkena sinar matahari penuh. Kondisi tanah sebisa mungkin lembab, hanya saja sistem drainasenya harus baik agar tidak menggenang di dalam.

Walaupun bunga tersebut sebenarnya masih bisa menoleransi keadaan genangan di dalam, hanya saja jangan terlalu banyak dan dalam waktu lama. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara merawat dengan baik dan benar, coba simak pembahasannya berikut:

1# Media Tanam Duranta

Untuk tahapan persiapan, Anda harus menyiapkan dulu media tanamnya, usahakan menggunakan tanah dengan kadar pH 5,6 sampai 7,5. Sebenarnya bisa sedikit di bawah itu asalkan drainasenya bagus.

Maka dari itu, pencampurannya adalah tanah, pupuk kompos atau kandang, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Usahakan membeli produk berkualitas, agar hasilnya nanti juga bagus, karena media tanam ini sangat berpengaruh.

2# Penanaman Duranta

Selanjutnya adalah penanaman, dimana semai biji dari duranta menyukai lingkungan lembab. Maka dari itu, setelah masuk ke dalam pot harap tutup dengan plastik transparan, jika sudah terlihat berkecambah baru pindahkan.

Boleh ke lahan yang sudah dipersiapkan atau pot lebih besar dan menunggu sampai tumbuh. Jika Anda memilih menggunakan teknik stek batang, maka pilih yang benar-benar sehat dan sedikit lebih tua.

Kami sarankan untuk memotongnya sekitar 15 cm, buang helai daun ke bagian bawah. Lalu tanam stek tersebut dengan media tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya, pastikan kondisinya lembab.

3# Penyiraman Duranta

Jika menanamnya di luar ruangan, maka kebutuhan airnya cukup tinggi. Maka dari itu, kami menyarankan agar sering, hanya saja jangan sampai becek, nanti akarnya bisa membusuk dan penyerapan nutrisinya akan berkurang.

Agar mudah dalam menentukan kapan harus disiram, cobalah lihat pada bagian atasnya. Jika terlihat sudah sedikit kering, Anda dapat melakukannya tetapi kalau belum kami sarankan lebih baik jangan dulu.

4# Pemupukan dan Pemangkasan

Untuk pemupukan kurang lebih 2 sampai 3 kali dalam satu bulan terutama pada masa pertumbuhan kira-kira pada bulan maret sampai september. Pemberian pupuk lebih ke NPK saja, walaupun organik juga bisa.

Terakhir pada saat pemangkasan, khusus daun yang sudah layu saja. Agar dapat merangsang pertumbuhan baru serta pangkas juga cabang yang sekiranya tidak teratur, sehingga tanaman terlihat tumbuh dengan baik.

Duranta menjadi salah satu pilihan tanaman hias yang hasilnya menyenangkan. Hanya saja, Anda harus paham dan tahu terlebih dulu bagaimana cara merawat sekaligus menanamnya, agar saat tumbuh sesuai dengan keinginan.

You cannot copy content of this page