Tanaman Asoka Punya Berbagai Macam Manfaat untuk Tubuh

5/5 - (3 votes)

Tanaman Asoka menjadi salah satu bunga yang cantik dan indah dengan berbagai warna seperti, jingga, kuning, merah hingga putih. Banyak pendapat mengatakan bahwa tanaman ini punya begitu banyak filosofi.

Salah satunya adalah merupakan simbol dari kemerdekaan, bisa juga diartikan sebagai raihan kebahagiaan atas duka yang dialaminya. Menurut sejarah, asoka sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, sekaligus menjadi simbol spesial bagi umat hindu.

Beberapa Manfaat Tanaman Asoka untuk Tubuh

Bunga ini sendiri memiliki ciri cukup khas yaitu pertumbuhannya terlihat menggerombol terutama di bagian sela-sela batang. Memiliki empat mahkota di setiap sisi dan tangkainya lebih panjang uniknya, serbuk sari terlihat keluar seperti kembang api.

Jika melihat dari filosofi yang ada tidak heran bila tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat untuk manusia. Anda juga dapat memanfaatkannya jika berada dalam kondisi seperti di bawah ini.

1# Untuk Luka Memar

Bunga ini bila diteliti lebih jauh memiliki senyawa flavonoid, dimana sifatnya adalah anti inflamasi serta oksidan. Hal tersebut mempunyai peran besar dalam mengurangi peradangan sampai dengan pembengkakan akibat memar.

Kandungan lainnya adalah tanin, dengan sifat astringent, untuk membantu dalam menghentikan pendarahan. Kondisi tersebut sangat bagus karena dapat mempercepat penyembuhan terhadap luka, dengan begini Anda bisa cepat sembuh.

2# Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika musim tidak menentu, tidak ada salahnya untuk minum rebusan air bunga Asoka. Kandungan antioksidannya, mampu menangkal radikal bebas sekaligus sebagai perlindungan terhadap tubuh agar tidak mengalami kerusakan sel.

Selain itu, ada juga kandungan saponin dengan sifatnya antiinflamasi serta mikroba sehingga, mampu melawan infeksi serta peradangan. Bukan hanya itu saja, melalui saponin penyerapan nutrisi jadi lebih baik.

Kedua hal tersebut sudah sangat cukup membuat ketahanan tubuh Anda semakin bagus sekaligus kuat. Memungkinkan meminimalkan berbagai macam penyakit terutama saat musim pancaroba tiba, cukup minum satu minggu dua kali.

3# Mengatasi Diare

Salah satu obat yang dapat Anda berikan ketika mengalami diare adalah meminum rebusan dari tanaman asoka ini. Di mana kandungan taninnya mampu membantu mengencangkan bagian usus, sehingga mengurangi sakit diare.

Perlu diketahui, efektivitas dari pengobatan ini memang masih perlu penelitian lebih dalam lagi. Tetapi efektivitasnya dalam meningkatkan penyerapan air di dalam usus cukup mampu meredakan diare, sekaligus mampu membunuh bakteri jahat.

4# Mencerahkan Kulit

Manfaat lain dari tanaman asoka adalah mampu mencerahkan kulit, karena adanya flavonoid yang mampu meningkatkan produksi dari kolagen. Selain itu mempunyai protein penting dalam menjaga elastisitas sekaligus kekencangan.

Sifat astringennya juga mampu membuat pori-pori menjadi kecil, sekaligus menyerap minyak berlebih sehingga bagus dalam mencegah timbulnya jerawat. Salah satu cara menggunakannya bisa digunakan untuk masker atau dibuat menjadi teh.

Tanaman asoka menjadi salah satu bunga yang mempunyai berbagai macam manfaat untuk tubuh. Hal ini tidak mengherankan karena berbagai kandungannya benar-benar memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

You cannot copy content of this page