Berbagai Jenis Rumput Taman agar Hunian Lebih Estetik

5/5 - (2 votes)

Ada cukup banyak pilihan jenis rumput taman yang bisa membuat hunian menjadi lebih estetik dan tampak asri. Selain itu, tanaman ini juga biasa digunakan untuk alas kegiatan earthing serta membantu menyerap air dan mengurangi debu.

Perawatan tamanan ini juga sangat mudah, cukup dengan penyiraman, pemangkasan, serta pemupukan secara berkala. Perawatan sederhana ini akan membuat tanamannya terus tumbuh subur di taman maupun halaman.

Pemilihan jenis rumput untuk hunian sendiri bisa menyesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan pemilik hunian. Setiap jenisnya memiliki karakteristik tersendiri dan ukuran berbeda sehingga bisa menjadi pertimbangan sebelum memilihnya.

Jenis Rumput Taman untuk Hunian

Pilihan jenis rumput taman sangat banyak dengan karakteristik berbeda-beda sehingga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan hunian. Berikut adalah beberapa jenis yang cukup umum ada di taman maupun halaman hunian. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1# Rumput Gajah Mini

Seperti namanya, jenis rumput gajah ini berukuran mini sehingga sering digunakan untuk desain taman rumah minimalis. Karakternya sendiri cukup unik dengan pertumbuhan menyamping sehingga tidak perlu pemangkasan rutin.

Tukang Taman Kediri

Varian ini menjadi favorit banyak orang karena tidak perlu perawatan intens, tahan terhadap cuaca, juga harga terjangkau. Tidak hanya itu, varian ini juga tahan terhadap pijakan kaki manusia sehingga sering digunakan untuk taman bermain anak.

2# Rumput Gajah Mini Varigata

Jika dibandingkan dengan jenis rumput ini, varian ini sangat unik karena memiliki motif garis putih pada daunnya. Keunikan gajah mini varigata ini membuat taman menjadi lebih cantik, tidak heran jika harganya lebih mahal.

Meskipun memiliki keunikan, perawatannya cukup mudah dan tahan terhadap berbagai cuaca. Selain itu, tanaman ini juga tidak mudah panjang sehingga pemilik tidak perlu melakukan pemangkasan terlalu sering.

3# Rumput Gajah Besar

Varian ini paling mudah ditanam, selain itu harganya juga paling murah sehingga menjadi pilihan cukup populer. Karakteristik tanamannya adalah ukuran helai daun besar dan kasar, oleh karena itu jarang digunakan untuk hiasan taman.

Meski demikian, varian ini tahan pijakan kaki manusia, juga tahan pada keadaan kurang air. Hal inilah yang membuat perawatannya sangat mudah, sebab tidak perlu penyiraman rutin, cukup sesekali namun rutin.

4# Rumput Jepang

Rumput Jepang menjadi varian yang paling populer, juga banyak dipilih oleh developer untuk menghias taman hunian. Jenisnya memiliki bentuk rapi dengan raun kurus dan tumbuh rapat, sedangkan bentuknya runcing tipis.

Sama seperti varian lainnya, rumput jepang juga sangat mudah dalam perawatannya. Tumbuhan ini cukup diberikan pupuk dua kali sebulan, penyiraman rutin, pemangkasan minimal sebulan sekali, juga pencahayaan cukup.

Jenis Pohon Kamboja

Ada banyak jenis rumput taman yang sering digunakan untuk membuat hunian menjadi lebih estetik dan asri. Setiap jenisnya sendiri memiliki karakteristik berbeda sehingga perlu pertimbangan sebelum memilihnya.

You cannot copy content of this page